Breaking News

Profil Me-DAN

Wilayah Indonesia mulai dari ujung timur kebarat merupakan salah satu wilayah rawan  bencana di dunia, menurut Arnold (1986) yang dikutip BNPB bahwa wilayah Indonesia 10 kali lebih besar potensi bencananya dibanding wilayah yang berada di Amerika Serikat yang terkenal dengan bencana dahsyatnya sepanjang tahun.

Penanganan tanggap bencana terhadap penduduk yang terkena dampaknya perlu dilakukan secara cepat, tepat dan profesional untuk mengurangi resiko yang lebih besar yang dialami oleh masyarakat secara umum.

Kontur dan Kondisi pegunungan serta banyaknya wilayah bencana yang  tersebar diseluruh wilayah Indonesia menjadi salah satu kendala dalam pemberian  pertolongan terhadap korban bencana. Terbatasnya jumlah personil relawan yang terlatih masih minim dari pada yang diharapkan dibandingkan dengan  jumlah korban yang harus ditolong. Hal ini mengakibatkan jatuhnya korban lebih besar karena banyak korban-korban yang terlambat tertangani sehingga mengakibatkan meninggal dunia evakuasi maupun penanganan darurat medis.

Banyaknya relawan yang dibutuhan sebagai tenaga-tenaga relawan yang terampil dan terlatih serta selalu siap siaga saat  dibutuhkan di semua wilayah Indonesia. Oleh sebab itu rekrutmen anggota relawan yang baru perlu dilakukan secara terus menerus   serta menjaga dan membina  relawan yang sudah ada, sehingga di masa yang akan datang  permasalahan seperti di atas dapat teratasi secara minim.

Medis dan Aksi Kemanusiaan sebagai salah satu organisasi non pemerintah yang bergerak dalam bidang Medis dan Kemanusiaan khususnya yang berkaitan dengan masalah kebencanaan di Indonesia maupun  dunia internasional. Dalam kegiatannya organisasi ini menggunakan  nama  Forum Me-DAN.

Guna tercapainya Visi dan Misi yang diharapkan, maka diperlukan  panduan yang dapat menjadi petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bagi seluruh anggota Forum Me-DAN.

Program Strategi Medan :

  1. Penggalangan Dana Kemanusiaan
  2. Peduli Musibah dan Bencana
  3. Peduli Aktifis Islam
  4. Pengadaan Bakti Sosial dan Kemanusiaan
Wilayah Indonesia mulai dari ujung timur kebarat merupakan salah satu wilayah rawan  bencana di dunia, menurut Arnold (1986) yang dikutip BNPB bahwa wilayah Indonesia 10 kali lebih besar potensi bencananya dibanding wilayah yang berada di Amerika Serikat yang terkenal dengan bencana dahsyatnya sepanjang tahun. Penanganan tanggap bencana terhadap penduduk yang terkena dampaknya perlu dilakukan secara ...

Review Overview

User Rating: 4.65 ( 1 votes)
0